Memahami Esports, yang Sah Masuk Cabang Olahraga di Indonesia

Memahami Esports, yang Sah Masuk Cabang Olahraga di Indonesia

Posted by

FC Banat – Sejarah esports – Pasti kalian telah tau apa itu esports bukan? Mendengar kata esport mungkin sudah tak asing lagi di mata kalian. Beragam turnamen resmi telah banyak diadakan di Indonesia semisal seperti Piala Presiden. Tetapi sebelum menjadi tenar seperti sekarang esport sebenarnya telah ada pada era 90-an. Padahal belum bernama esport hadiah dari turnamen di masa itu cukup tinggi. Di tahun 2000-an perkembangan game esport amat berkembang kencang dengan banyaknya developer game yang membuat turnamen besar berhadiah fantastis.

Histori Esport di Indonesia

Sebelum esports menjadi salah satu cabang olahraga di Indonesia, banyak yang menyangka bermain game hanya menghabiskan waktu Anda. Namun kini esport telah tidak bisa dilihat sebelah mata. Industri esport di Indonesia berkembang cukup kencang. Dengan adanya turnamen besar misalnya seperti turnamen terbesar di game Mobile Legend ialah Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL Indonesia). Munculnya turnamen game di Indonesia tak cuma menambah nilai kompetitif namun industri esport juga bisa mewujudkan banyak lahan pekerjaan seperti seperti professional player, Shoutcaster, Analyst, Content Creator, Event Organizer, Streamer dan Official Cosplayer.

Berkarir di dunia esport kini telah menjadi keinginan banyak orang lebih-lebih kalangan muda. Industri esport ini didominasi oleh buah hati muda yang awalnya mereka hanya sekadar hobby bermain game dan kini mereka dapat memperoleh penghasilan. Pekerjaan yang pas bila Anda menyukai bermain game dan merasa piawai dan ingin berkarir di esport salah satunya yaitu menjadi professional player. Di Indonesia sekarang sudah banyak tim besar esport yang dapat menggaji professional player-nya dengan gaji yang cukup tinggi, apalagi kalau Anda dapat meraih jawara di tiap-tiap turnamen. Sudah banyak turnamen yang diselenggarakan mulai dari nasional pun internasional. Hadiahnya bahkan bisa dibilang sangat tinggi oleh sebab itu banyak orang yang berharap menjadi professional player.

Esport Sah Menjadi Cabang Olahraga di Indonesia

Sesudah resmi esports menjadi salah satu olahraga yang disahkan KONI pada tahun 2020. Karena mendapat dukungan dari pemerintah industri esport semakin berkembang di tanah air dan dapat menjadi pemrakarsa ekonomi yang rata-rata dikerjakan oleh anak muda. Tidak hanya KONI, pemerintah juga lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika atau awam disebut KOMINFO ini memberi dukungan untuk meyakinkan masyarakat bahwa industri esport bisa amat berkembang di Indonesia. Adapun alasan KONI dan Kominfo meresmikan esport sebagai olahraga dan betul-betul mendorong industri ini merupakan karena sebagian alasan berikut :

Elemen Kompetitif

Olahraga esports ini sama halnya seperti olahraga pada umumnya yang mengadu keahlian atau skill dari individu maupun kelompok. Tak cuma pada saat turnamen, kompetitifnya malah ada ketika kita bermain game seperti misalnya game Dota 2, Mobile Legend dan PES.

Elemen Sportifitas

Kemenangan dan kekalahan yakni hal yang betul-betul wajar dalam berkompetisi. Esports mengajarkan motivasi berjuang pagi para pemainnya untuk menerima hasil yang memuaskan. Tiap-tiap pemain pastinya mempunyai tekad menjadi yang terbaik dari yang lain nya, itu ialah hal biasa tak hanya di esports. Sportifitas harus dijunjung tinggi untuk menjaga kestabilan antar kelompok sosial esport.

Elemen Prestasi

Kemenangan, kejayaan ataupun prestasi lainnya ialah tujuan yang berharap dimiliki dari seluruh pemain dan tim esport. Sama seperti olahraga lainnya, mereka berjuang latihan dengan bersemangat dan tekun untuk mengikuti turnamen agar bisa mendapatkan juara yang merupakan hasil yang didapat karena sudah menjadi yang terbaik.

Karena industri esport di Indonesia juga sangat berkembang, pemain dan tim esport juga bisa mengharumkan bangsa Indonesia di skala internasional dengan metode menjuarai turnamen skala internasional yang diikuti oleh perwakilan terbaik dari negara-negara lain.

Perkembangan Esport di Indonesia

Selain industri esport dapat menggerakan ekonomi, industri ini juga sungguh-sungguh didukung oleh pemerintah dengan metode pemerintah mengadakan turnamen sah esport pertama adalah Piala Presiden pada tahun 2019. Pada Piala Presiden esport tahun 2019 game yang ditandingkan merupakan Mobile Legend. Kemudian di Piala Presiden esport tahun 2020 cabang game yang ditandingkan bertambah meliputi Cuma-cuma Fire, Pro Evolution Soccer 2020, Mobile Premier League dan satu game lokal yaitu Ultra Space Battle Brawl.

Tak cuma dari segi kompetitifnya saja, perkembangan esport dari sisi entertainment bahkan cukup berkembang pesat dimana telah banyak platform yang menyediakan tontonan streaming gaming yang menghibur. Munculnya banyak platform live streaming game memberikan banyak keuntungan untuk tak cuma untuk penontonnya saja yang terhibur, streamer gaming-nya malahan dapat menerima uang dari hobby ia yaitu bermain game. Pun tak hanya live streaming bermain game saja, kini banyak content creator yang membuat konten di Youtube yang bertujuan selain untuk menghibur, mereka juga memberikan kiat dan trik dalam bermain game.

Esport Menjadi Olahraga Masa Depan yang Menghasilkan Uang

Dengan adanya industri esport ini benar-benar membikin terbukanya lapangan kerja baru di Indonesia. Seperti yang telah di awal dibahas, dari menekuni suatu game akan bisa menghasilkan uang. Sekarang kita akan membahas beberapa pekerjaan yang ada di dunia esport yang dapat mewujudkan uang.

Professional Player

Professional Player atau yang akrab kita sebut dengan proplayer ini yaitu orang yang merajai suatu game dan memiliki skill lebih pada game hal yang demikian. Professional Player lazimnya dibayar oleh tim esport yang dibelanya. Proplayer ini juga dituntut untuk menjuarai turnamen yang ada.

Pelatih

Sama halnya dengan olahraga lain, esport ini juga membutuhkan sosok pelatih. Untuk membuat tim menjadi kuat, dibalik sosok proplayer yang mempunyai skil jago sosok pelatih pun betul-betul penting untuk membangun sebuah tim. Jadi proplayer tidak perlu lagi wajib memikirkan strategi di dalam game-nya karena yang memikirkan strategi di dalam game adalah pelatih.

Shoutcaster

Didalam suatu pertandingan esport pastinya kalian kerap kali mendengar orang yang turut memeriahkan perlombaan hal yang demikian dengan cara seperti menganalisa sistem permainan game yang berlangsung dan memandu perlombaan game hingga selesai. Nah Shoutcaster mempunyai tugas utama untuk membuat penonton suatu game nyaman sebab didampingi selama lomba game berlangsung. Tidak cuma membutuhkan skill berdialog dan pengetahuan game-nya harus baik, Shoutcaster juga dituntut supaya mempunyai ciri khas yang berbeda dari Shoutcaster lainnya.

Streamer

Mungkin telah tak asing dengan pekerjaan yang satu ini. Menjadi Streamer yakni pekerjaan yang paling banyak diinginkan bagi orang yang menyukai bermain game kecuali proplayer. Faktor yang menjadi profesi ini banyak diminati oleh orang-orang yang hobby bermain game yaitu amat enaknya bekerja cuma bermain game dan bisa menciptakan uang. Jika kalian berkeinginan menjadi Streamer, kalian sepatutnya dapat menghibur para penonton dan juga memberikan ciri khas yang berbeda dari Streamer lainnya yang bertujuan agar viewers atau penonton tak bosan menonton anda bermain game, dan juga dapat membikin branding diri anda sendiri.